Beberapa bulan yang lalu saya memarkirkn mobil tua jenis bak terbuka, nggak tahu itu mobil keluaran tahun berapa ya, itu mobil steer nya berat, persenelingnya saya rasa2 agak error kadang masuk kadang nggak. Atau itu cuma perasaan saya aja yg termindset mobil tua dan tuas persenelingnya kaya pemukul kentongan.Wkwkkk...
By the way itu mobil punya bokap temen gue, karena kebetulan temen gue belum mahir bawa gue yang parkirin. Itu jalan sempit berbatu kiri kanan rumah dan pagar semen. Nyaris samping kanan nyerempet, kena dikit tapi alhamdulillah nggak apa2, ..
Kalo dipikir-pikir parkir itu ya gampang kalo medannya gampang, susah kalo medannya susah, dan kan selalu susah kalo orangnya nggak bisa teori parkir. Hahaha...Tapi santai aja toh sekelas pembalap dunia juga pasti ngalamin belajar dulu tho?.. Apa langsung hebat gitu?... mana ada keleus...
.
Nah dibawah ini saya berbagi sedikit trik parkir bagi pemula
1. Kunci no 1 adalah jangan panik, ini yg terpenting. Slow but sure aja
2. Kalo memang mobilnya yg keluaran sekarang2 bukan mobil tua, cuma angkat kopling juga sdh mundur nggak usah pake gas kecuali jalannya agak nanjak atau nggak datar. Tujuannya untuk menghindari injak gas terlalu kenceng.
3. Kaca jendela kiri dan kanan dibuka ketika parkir. Tujuannya kalo ada orang yang ngasih tahu akan kedenger jelas nggak samar2 beda kalo kaca di tutup ya.
4.Jadikan area yg luas untuk belakang mobil ya. Karena bagian belakang adalah daerah yang kurang terpantau saat parkir.
5. Ketika mobil akan parkir dan berbelok ke kiri (belakang mobil ya maksudnya) maka posisi harus samping terkiri jalan dan begitu sebaliknya, jika belakang mobil berbelok ke kanan maka harus berada di samping terkanan jalan. Tujuannya ketika steer mobil contoh kasusnya terlalu menukik ke kiri, otomatis depan mobil akan menukik ke kanan, nah kalo dikanan jalannya luas si ga papa, klo di kanan jalannya ada beton?... gruk.. (apalagi untuk jenis mobil yang ada tonjolan kedepan-mesin di bagian depan)
6.Usahakan jangn parkir ditempat atau jalan sempit, turunan, jalan berbatu ataupun jalan licin.
7. Kalo parkir di jalan yang agak menanjak/menurun, bagi pengemudi yang belum mahir menggunakan permainan kopling dan gas, gunakan rem tangan (handbrake) sebagai pengontrol. Yakni gunakan rem tangan untuk maju dan menahan laju mobil ketika parkir. Tips ini bisa juga digunakan ketika, start awal kendaraan di turunan, atau ketika telat over gigi diturunan dan mobil mundur lagi kebelakang.
Comments
Post a Comment