TIPS OVER GIGI MOBIL DITANJAKAN


Sedikit cerita nich saat saya dan crew hendak syuting video klip salah satu band kota Cirebon di bulan mei 2014 kemarin. Saat itu  lewat di tanjakan  desa Kamarang yang lumayan extrem sich menurut saya, karena, mobil truk aja ada yang pernah terjungkal disana, nggak tau gimana ceritanya itu truk melintang di tengah jalan dalam keadaan terguling. 
Ceritanya saya paksakan mobil Avanza yang saya bawa menggunakan gigi 2, nah lho.. lho.. koq gas nya makin hilang tenaga (ngepos), wah ini nggak kuat, akhirnya saya over ke gigi 1, ee ternyata tenaga mobil keburu habis tenaga, akhirnya mobil stag dan hampir mundur lagi. Saya sigap injak rem, rem tangan juga saya tarik. Temen saya mau turun mau nyari batu untuk ganjal roda mobil, lalu kemudian saya larang. "Nggak usah turun, masih bisa koq, " Mobil tua temen saya itu rem tangan nggak fungsi, mungkin dia refleks karena kebiasaannya gitu hhahaa...


VIDEO MENGENAL DASHBOARD MOBIL (BAG 1)

Nah disini ada  Tips Over Gigi di tanjakan atau yang  jika mengalami kejadian seperti tersebut diatas
1. Menurut teori Einstein hhhahaha.... Kejauhan bahasanya, wkkwkwkwkwkwk....Babeh gue sich yang bilang, kalo tidak yakin mobil kuat atau tidak melewati tanjakan yang curam, sebelum nanjak over aja gigi 1 dari bawah, jangan nuggu sampe diatas atau ditengah baru ngover gigi aplagi kalo belum paham kekuatan tenaga mobil. Nggak apa-apa mobil ngeden kaya muatan 1000 ton yang penting safety khan?..

2. Kalo ngalamin kejadian kaya saya diatas, Jangan lupa segera injak rem, angkat Rem tangan sampe full ya, start dari awal lagi, di Gigi 1. Jangan angkat rem kaki dulu seimbangkan mobil dulu agar nggak mundur  (stabil ditempatnya) setelah rem tangan dilepas. Baru setelah stabil pindah ke gas.
Kalo nggak mau ambil resiko saat kopling dan gas disesuaikan dengan jalan yang menanjak (karena biasanya keburu mundur bagi yang belum mahir), biarkan mobil bertenaga tetapi tertahan oleh rem tangan, injak gas seperlunya, ketika dirasa sudah ada daya dorong/maju lepaskan rem tangan (jadi mobil maju itu karena tertahan rem tangan saja). Ingat, cara ini kurang baik sich, tapi dari pada berbuah hal yang tidak diinginkan tho?... Yang perlu diingat, kalo rem tangan nggak segera dilepas, besar kemungkinan mati mesin ada (untuk mobil tertentu).

3. Sebenernya, bagi yang sudah mahir hanya soal permainan kopling, rem, dan gas aja. Pasti pahamlah bagi yang sudah mahir. Bila perlu latihan di tanjakan bagaimana start di awal tapi mobil nggak mundur parah kebelakang. Soalnya ini safety wajib bisa lho. Caranya angkat kopling terlebih dahulu, sekiranya sudah ada daya maju (terasa kalo merasakan getaran mesin koq) baru kemudian rem di lepas dengan sigap langsung injak gas sesuai kebtutuhan (kecuraman menanjak).

VIDEO MEMAHAMI TUAS GIGI / PERSENELING MANUAL



Comments