TAHAP LATIHAN DALAM KURSUS MENGEMUDI STIR MOBIL



VIDEO TUTORIAL DASHBOARD MOBIL (BAG 1)


Setiap tempat kursus tentunya berbeda metode pengajaran yang digunakan dalam mengajarkan kepada siswanya. Yang perlu diingat sebenernya adalah semua yang diajarkan menggunakan metode apapun semuanya penting diketahui dan dilaksanakan karena tentu kesemua tujuannya adalah baik.
Dibawah ini adalah tahap yang saya lakukan ketika mengajari siswa mengemudi mobil dari tidak bisa sama sekali.
Berikut tahap-tahapnya:
1.Siswa dikenalkan dengan fungsi-fungsi pada kendaraan, mulai dari tuas perseneling/gigi, kopling, gas, cara starter yang sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) kemudian siswa praktek langsung diarea terbuka yang aman (Bukan dijalan). 

2. Setelah dirasa cukup, siswa dilatih untuk over gigi dari rendah ke tinggi maupun sebaliknya. Hingga over gigi menjadi hal yang bisa dilakukan secara spontan. Tujuannya jika over gigi masih ragu, maka, siswa belum layak turun ke jalan. Karena di jalan tentu medan dan keramaian pengendara akan membutuhkan over gigi yang spontan.
Contoh kasus:
Dalam mengendarai mobil, driver harus mampu mentukan kapan dia harus over gigi, misal pada jalan yang bergelombang, cekungan, polisi tidur, atau ketika di depan macet, mobil lain melaju perlahan pada gigi rendah (biasanya kendaraan bermuatan berat seperti tronton, truk dlsb). Tentunya dalam keadaan seperti ini over gigi diperlukan secara spontan berdasarkan situasi dan kondisi.

3. Setelah over gigi lancar dan halus, siswa dibawa praktek pada track/jalan (khusus) bukan jalan raya. Dengan tantangan over gigi di tanjakan dan berhenti di tanjakan. Tujuannya agar mampu start dari awal di tanjakaan dan over di tanjakan tanpa mobil kehabisan tenaga atau mundur lagi ke belakang ketika start awal. Disini feeling dilatih untuk peka terhadap laju mobil dan permainan kopling dan gas.
4. Tahap ke empat adalah siswa disimulasikan dalam keadaan jalan macet (namun bukan dalam keadaan sebenernya) kasian nanti sopir angkot malah tambah bikin macet wkwkwk.

5. Praktek dan teori parkir. Namun tahap ini biasanya dilakukan bersama dengan ke 4 tahap sebelumnya.

Nah demikian  tahap dalam kursus private mengemudi yang saya ajarkan. Semoga bermanfaat.
Baca Juga :
BIAYA KURSUS STIR MOBIL CIREBON
INSTRUKTUR STIR MOBIL PANGGILAN
PAKET STIR MOBIL MURAH 175 RIBU 3 X 60 MENIT
ALAMAT DAN NO TLP KURSUS MENGEMUDI STIR MOBIL CIREBON
SEBERAPA EFEKTIF KURSUS STIR MOBIL MENGEMUDI?


Comments