EFEKTIFITAS KURSUS SEKOLAH MENGEMUDI / STIR MOBIL




BAGI YANG BUTUH INTRUKTUR MENGEMUDI PANGGILAN 081224144439


TEMPAT KURSUS MENGEMUDI-STIR MOBIL CIREBON

BIAYA KURSUS PRIVATE MENGEMUDI STIR MOBIL MURAH CIREBON CUMA 175.000



Banyak orang keliru sepertinya, bahwa dengan kursus atau masuk sekolah mengemudi mobil mengira outputnya akan mampu mengendarai mobil. Padahal kenyataannya tidak demikian, ada proses-proses yang dibutuhkan agar mampu mengendarai mobil dengan baik.


VIDEO MEMAHAMI TUAS GIGI / PERSENELING MANUAL

Dalam sekolah pilot seorang siswa calon pilot baru akan mendapatkan sertifikasi pilot setelah jam terbangnya diatas 5000-10.000 jam (Kurang lebih satu tahun, itupun kalo setiap harinya terbang terus, tanpa stop, nggak makan nggak tidur, nggak ngapa-ngapain... terbaaaang aja wkwkwkw, bisakah?..).


Itupun ada aturan pesawat jenis apa yang diperbolehkan disesesuaikan dengan jam terbangnya (Mohon di ricek kebenarannya, ya).

Nah, tidak berbeda dengan analogi diatas, mobil juga demikian. Berapa banyak jam terbang ketika kita ikut kursus/sekolah mengemudi yang hanya hitungan jam, itupun kadang tidak dihitung 1 Jam = 60 menit, kisaran 30-45 menit biasanya.

Kalikan saja dengan berapa kali pertemuan antara 6-8 kali umumnya. Hmm... kalo 1 Jam dihitung 30 menit, maka hanya sekitar 240 menit, atau sama dengan 4 jam. Nah lho.. nggak mungkin dalam waktu 4 jam kita bisa mahir membawa kendaraan tho?... Kecuali situ punya ilmu Laduni (nggak pernah belajar tapi tahu-tahu bisa aja) wkwkwkwkw...

Meskipun pada umumnya sekolah mengemudi membagi 3 tahap yang terdiri dari:

1. Tahap Dasar, diperuntukkan bagi yang belum pernah sama sekali dan tidak tahu tentang mengemudikan mobil

2. Tahap Memperlancar, diperuntukkan bagi siswa yang yang sudah pernah belajar dan sudah paham, over gigi, start awal, dlsbnya.

3. Tahap mahir diperuntukkan bagi yang sudah lancar tapi masih ingin memperdalam, kelanjutan dari tingkat memperlancar.

Tetap saja semuanya kembali ke jam terbang. Katakan setiap tahap 5 Jam, dikali tiga cuma 15 jam. Satu haripun kurang khan? Nah jangan jauh2 dulu nguasai rambu2 lalu lintas, nguasai medan jalan, curam, tanjakan, bagaimana mengendarai mobil di malam hari, bagaimana atuaran main di jalan tol, bagaimana menyalip, bagaimana berkelok dari jalan desa ke jalan raya dll, safety driving, apa-apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika mengendarai mobil, (tidak hanya maen HP lho), bagaimana teori parkir dlsbnya. kesemuanya ini butuh proses panjang coy.

Sedangkan umumnya kebanyakan siswa itu ingin cepat bisa. Dan memang untuk ukuran bisa hitungan jam pun bisa, rata-rata langsung bisa mulai dari nol sekalipun sampai bagaimana over gigi, bagaimana ngerem secara halus dlsb. Hanya saja ada pengetahuan-pengetahuan lain yang dibutuhkan sebagai sebuah kematangan sekaligus safety (keselamatan) dalam mengendarai mobil.

Nah, dari mana proses dan pengetahuan ini didapat?.. Jawabnya adalah dari yang lebih senior, entah itu teman, bokap, nyokap, sopir angkot, ikut jadi kenek angkutan umum dlsb. Yang paling efektif adalah jadi kernet dulu, entah itu jadi kernet patner satu mobil dengan teman kantor, sopir kantor, bokap, nyokap (kali aja nyokap sopir bus way), dan lain semisalnya. Yang melalui proses inilah yang kemudian biasanya menjadi driver yang matang.

Di keluarga saya yang hampir semua bisa bawa mobil, ada aturan yang berlaku semacam jargonlah, " Tidak boleh bawa mobil kalo nggak mulai dari ngikut/jadi kernet dulu".

Dan uniknya meskipun saya nulis teori ini, saya sendiri nggak ngikut aturan jaargon keluarga itu hahaha..., SMP kelas 1 sudah diajarin bawa angkot kalo lagi sepi tarikan, kaka gue ngedalih ngajarin sambil minta uang bensin ujung-ujungnya hahaha.., nggak serius tapi, stir/kemudi kalo ngover masih lari ke kanan atau ke kiri hihi... namanya juga bocahlah, maklum.

Kerja freelance langsung bikin sim. Langsung bawa mobil bak tertutup jenis L300... Tapi yang nggak murni juga sich, tetap teman satu patner di tempat kerja ngajarin gue = Jadi kernet juga dong berrarti. wkwkwkw....

Yah begitulah...

Hanya berbagi info dan pengalaman aja ya, kita saling mengingatkanlah, bahwa mengendarai mobil itu sesuatu yang memiliki resiko besar tidak hanya bagi diri sendiri, penumpang atau yang ikut di mobil, tetapi pengendara lain dan juga pejalan kaki. Bahkan orang yang nggak tahu apa-apa sedang di rumah nyapu halaman gara-gara kelalaian ke seruduk juga. Aiiiih....

Semoga tulisan saya ini bermanfaat ya. InsyaAllah saya akan lebih banyak lagi posting tulisan. See You..


VIDEO MENGENAL DASHBOARD MOBIL (BAG 1)
VIDEO MEMAHAMI TUAS GIGI / PERSENELING MANUAL



Comments