CARA CEPAT BISA MAHIR MENGEMUDI MOBIL

TUTORIAL DASHBOARD MOBIL (BAG 1)




Kebanyakan orang yang belajar mengemudi mobil itu ingin cepet bisa, dan merasa sudah bisa. Meskipun sebenarnya ada tahapan tertentu yang harus dilewati sebelum dinyatakan layak turun kejalan. Tidak hanya sekedar dituntut paham rambu-rambu lalu lintas saja tetapi aturan main yang secara umum sudah menjadi pakem namun tidak tertuliskan dalm aturan main di jalan. Contoh kasus apa yang harus dilakukan ketika kita berpapasan dengan pengendara lain dijalan sempit?.. Didepanmu ada gerobak tukang bakso gimana SOP (standar operasional prosedur) yang benar?..Apa langsung banting kanan tanpa lihat situasi dibelakangmu dulu?.. Nah lho.
Tiap orang berbeda daya tangkapnya dalam proses belajar dalam hal ini belajar mengemudi mobil, ada yang memang dasarnya cepat belajar ada juga yang lambat. Nah lalu bagaimana agar  cepat bisa mengendarai mobil?....
Dibawah ini adalah beberapa caranya:

1. Sesering mungkin memarkirkan mobil. Ini adalah hal yang mungkin dianggap sepele dalam proses belajar mengemudi bahkan sering kali mendapatkan jatah waktu latihan yang sangat minim ketika latihan. Padahal hanya dengan seringkali memarkirkan mobil secara tidak langsung kita melatih kelenturan, keluwesan, keseimbangan gerak otot motorik antara tangan kaki dan pikiran yang tentunya dasar dari membawa kendraan adalah keseimbangan unsur-unsur tersebut. Kalo gerakan  antara mind body and soul ini (ciyee... bahasanya hhiihi...) sudah luwes biasanya akan keliahatan apakah anda sudah bisa mengendarai mobil atau belum. Bahkan ukurannya adalah kalo anda sudah spontan over gigi, spontan ngerem, spontan lihat kiri kanan spion pada saat saat tertentu, tanpa harus dikomando pikiran atau perasaan lagi (spontan) itu adalah waktu untuk naik ke tahap berikutnya yaitu membawa kendaraan dijalanan. Selama proses dari over gigi, ngerem, lihat spion kiri kanan, apalagi start awal masih pake perkiraan atau mikir-mikir, meraba-raba, merasa-rasa wuih mending jangan  dulu deh bawa mobil ke jalan. Apalagi kalo secara psykologis grogian atau nervousan. Bahaya!

2.Seringlah anda perhatikan bagaimana para driver senior mengendarai mobil, rasakan bagaiman mengemudinya enak nggak?, soft, kalem nggak?, nyaman nggak kamu yang ikut numpang?.. lihat dan perhatikan bagaimana mengendari mobilnya (Jika anda biasa memperhatikan, akan mendapatkan cara mengemudi yang berbeda dari orang per orangnya dan tentu alasannya kenapa melakukan ini dan itu, jika anda paham sendiri anda malah tidak perlu bertanya, kalo nggak paham boleh bertanya koq). Beberapa orang yang pernah saya perhatikan adalah sopir angkot, sopir bus, temen sekantor dulu waktu masih kantoran tapi. 

3.Seringlah mendengar  dari driver-driver yang sudah senior, misal dulu sebelum saya bisa menyetir, seringkali ikut kalo kaka saya diajarin nyetir sama bokap. Beberapa nasihat yang saya ingat meskipun saat itu bukan ngajarin saya adalah:

"Kalo ragu ditanjakan akan kuat atau tidak dari bawah over aja gigi 1"
"Jangan takut berhenti kalo ragu, asal jangan ngerem mendadak, orang/pengendara lain akan ngerti maksud kita"
"Kalo dijalan, jangan takut mesin mati atau laju mobil berhenti, dari pada ragu mending berhenti apalagi membahayakan baik pengendara lain maupun diri kita, sekalipun ditengah jalan, asal tidak ngerem mendadak, pengendara lain akan paham maksud kita, jadi nggak bikin pengendara lain bingung "
"Bawa kendaraan itu harus tenang, nggak boleh emosian, mau disalip mau lihat orang ngebut, santai aja kita mah, cari aman"

Mungkin kalo diingat-ingat banyak lagi yang pernah diucapin bokap bukan ngajarin saya tapi saya ikut nyimak dan masih keingetan aja sampe sekarang.  Nah makanya ada pepatah mungkin atsar (perkataan ulama) "Al ilmu qabla qauli wal amal (Ilmu sebelum amal dan perbuatanan."  
Nah, kalo nyetir atau mengemudi itu perbuatan tentu harus punya ilmunya dulu.  Atau ada istilah lagi yang mungkin lebih dikenal dikalangan para pengendara mobil " Nyetir/mengemudi mobil itu gampang dan yang cuma sekedar bisa banyak, tapi yang pengalaman itu yang jarang."
Demikian tips dari saya semoga bisa membantu.

BACA LEBIH BANYAK DISINI

VIDEO TUAS GIGI /TRANSMISI MANUAL



Comments

Post a Comment